Pepaya Buah Tropis Berjuta Manfaat

Pepaya (carica papaya) berasal dari negara tropis Amerika. Tamanan ini hanya mempunyai daun di bagian batang atasnya saja. Batang pohon ini biasanya tidak mempunyai cabang dan daunnya tumbuh secara langsung dari batang tersebut/ pohon pepaya membutuhkan kemitraan sebagai jaminan kesuburannya. Pepaya dapat tumbuh di daerah-daerah tropis dengan suhu sekitar 24⁰C sampai 25⁰C. Pepaya juga dapat mentoleransi PH tanah sebesar 4,3 sampai 8. Pohon ini tidak bertahan lma di tempat yang tergenang air, karena pohon pepaya lebih menyukai matahari sehingga suhu dingin akan memb*nuhnya.

Seperti pada pohon lainnya, pepaya juga memiliki bagian-bagian pohon yaitu: buah, bunga, daun, biji, batang, getah, kulit kayu dan akar. Semua bagian-bagian itu ternyata mempunyai peran fungsional terhadap nilai medis. Tetapi sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui hal ini.
Berikut merupakan kandungan dan peran fungsional setiap bagian-bagian dari pohon pepaya yaitu:

1.    Buah Pepaya

 Buah pepaya ada yang matang dan ada juga yang masih hijau. Buah yang masih hijau (belum benar-benar matang) memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada buah pepaya yang telah matang. Walaupun hanya memiliki 1/3 kalori dibandingkan buah pepaya yang telah matang, tetapi dalam mbuah pepaya yang hijau ini memiliki dua kali sama banyaknya seperti yang telah matang serta mampu untuk mempermudah proses pencernaan. Pada buah pepaya yang belum matang ini tidak banyak mengandung beta carotene tetapi lebih banyak terkandung pada kulitnya dibandingkan pada daging buahnya serta hanya memiliki 2/3 karbohidrat.

Sedangkan buah pepaya yang sudah matang mengandung vitamin A lebih banyak dibandingkan wortel, mengandung vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk dan kaya akan vitamin E sekaligus vitamin B kompleks, asam amino, kalsium,  zat besi dan enzim-enzim lainnya. Salah satu enzim yang terkandung dalam pepaya masak yaitu papain yang mengungguli pepsin dan pancreatin. Buah pepaya segar mempunyai pH sebesar 5,6 tetapi buah pepaya segar gunung hanya memiliki pH 3,7.

Ada beberapa manfaat dari buah pepaya yaitu:
  • Membantu dalam proses pencernaan protein, karbohidrat dan lemak.
  • Mampu memecahkan serat-serat daging karena mengandung papain.
  • Dapat membawa bahan-bahan gizi pada proses pencernaan.
  • Kandungan ezim proteolytic papain bisa mencerna protein yang dikonsumsi sehingga bisa mencegah terperangkapnya protein.
  • Kualitas antiseptik yang terkandung di dalamnya dapat mencegah perkembang biakan tidak normal pada bakteri yang tidak diinginkan dalam usus.
  • Membantu membersihkan jaringan dan dinding usus dari masalah pembuangan dalam bentuk lendir maupun jaringan-jaringan mati yang berlebihan.
  • Memelihara kesehatan tubuh secara optimal melalui sistem kekebalan aktif.

2.    Daun pepaya

Daun pepaya memiliki protein 15 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan buah pepaya matang. Di dalam daun pepaya ini, juga tekandung niasin, zat besi, serat, lemak, karbohidrat, asam ascorbic  serta beta carotene yang lebih banyak dibandingkan buah pepaya. Tetapi jika daun pepaya di keringkan akan mengurangi kandungan tersebut termasuk berkurangnya kandungan beta carotene yang terkandung di dalamnya, karena proses oksidasi yang terjadi saat pengeringan. Maka dari itu, daun pepaya yang segar lebih baik daripada daun pepaya yang dikeringkan.

3.    Biji pepaya

Biji pepaya juga tak kalah banyak kandungan yang terdapat didalamnya dan pastinya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu: mengandung protein >24%, mengandung karbohidrat sebanyak 32%, 25% kandungan minyak, terdapat enzim myrosin, enzim papain, alkaloid carpaine. Semua kandungan di atas terdapat dalam biji pepaya yang selama ini tak sedikit masyarakat mengabaikan bahkan membuang biji dari buah yang luar biasa ini. Biji pepaya dapat di gunakan dalam keadaan segar ataupun dapat di keringkan kemudian di haluskan lalu di simpan pada tempat atau wadah yang kedap udara. Bubuk biji kering ini bisa di simpan selama 2 sampai 3 tahun.

4.    Bunga pepaya

Bunga pepaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kuning dan bronhitis dan penyakit-penyakit lainnya.

5.    Akar pepaya

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui manfaat dari akar pepaya ini. Akar pepaya biasanya dimasak sebagai teh yang dipercaya dapat menghilangkan parasit-parasit usus, sakit ginjal, penyakit kuning, dan untuk menghentikan pendarahan.

6.    Getah pepaya

Getah pepaya mengandung 5,3% papain. Biasanya getah pepaya sering di manfaatkan oleh masyarakat untuk  mengatasi berbagai masalah pada kulit. Salah satunya untuk mengatasi jerawat.

0 Response to "Pepaya Buah Tropis Berjuta Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel