Cara Pengolahan Kelor + Resep Kue

Kelor atau moringa pterigosperma gaetn termasuk tamanan dari keluarga moringacaea. Kelor telah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional, termasuk sebagai obat ayurvedik di Filipina, Afrika, dan Indonesia. Semua bagian dari tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari akar sampai buahnya. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, tanaman ini juga bermanfaat sebagai multivitamin. Kelor telah terbukti dapat mencegah wabah kekurangan gizi di beberapa negara serta telah menyelamatkan banyak nyawa anak-anak dan ibu-ibu hamil. 
Add caption
Jika dilihat dari gizinya, kelor adalah tanaman berkhasia sejati miracle tree, artinya tanaman ini bisa dimanfaatkan dari akar, batang, buah, dan daunnya. Semua bagian dari tanaman kelor ini mengandung gizi yang cukup tinggi. Daun kelor segar (lalapan) setara dengan:
4x vitamin A yang terkandung dalam wartel.
7x vitamin C yang terkandung pada jeruk,
4x mineral kalsium dari susu,
3x mineral potassium pada pisang,
3/4x zat besi pada bayam, dan
3x protein dari yogurt.

Sedangkan kandungan gizi pada daun kelor yang di keringkan setara dengan:
10x vitamin A yang terkandung pada wortel,
1/2x vitamin C yang terkandung pada jeruk,
17x mineral kalsium dari susu,
15x mineral potassium pada pisang,
25x zat besi pada bayam, dan
9x protein dari yogurt.

Daun kelor memiliki kandungan zat nutrisi yang lengkap dan kadar tinggi, sehingga daun kelor memiliki khasiat dan manfaat yang sangat besar untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Tingginya kandungan nutrisi dalam daun kelor ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan oleh beberapa periset secara terpisah. Dengan kata sederhana, daun kelor memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Pengolahan daun kelor segar menjadi daun kering:

Pengolahan daun kelor segar untuk membuat daun kelor kering terdiri dari beberapa tahapan proses yaitu: Proses pemanenan dilakukan pagi hari, kemudian dipilih daun yang berwarna hijau tua tanpa cacat. Setelah di petik, masukkan daun kelor ke dalam bak pencucian untuk menghilangkan kotoran, debu dan bagian tanaman lainnya. Daun kelor yang sudah dibersihkan kemudian disimpan dalam bak penampungan untuk di sortir dan di pisahkan dari ranting-rantingnya. Kemudian daun kelor yang sudah di sortir ditiriskan agar air yang menempel pada daun benar-benar hilang, sehingga ketika daun kelor masuk pada proses pengeringan tidak ada air yang turut terbawa. Proses selanjutnya yaitu proses pengeringan. Daun kelor dikeringkan di dalam ruang pengeringan tertutup dengan suhu stabil antara 30⁰ - 35⁰C selama 2 hari sampai benar-benar kering atau sampai kadar air mencapai 5%. Kemudian masuklah pada tahap penyimpanan daun kelor kering. Daun kelor yang baik berwarna hijau, benar-benar kering (bila diremas akan hancur) dan tanpa tangkai daun. Jika daun kelor kering sudah termasuk baik, maka kemudian simpan daun kelor kering tersebut ke dalam kontainer plastik foodgrade yang tertutup rapat dan terjaga dari udara agar tidak masuk.  Selanjutnya yaitu proses pengemasan teh hijau daun kelor dan penepungan.

Pengolahan daun kelor kering menjadi teh hijau daun kelor:

Dalam proses pengolahan daun kelor kering menjadi teh daun kelor tidaklah sulit. Proses ini hanya memilih daun kelor kering untuk keseragaman ukuran dan kualitas penampilan fisik saja. Kemudian, daun kelor dapat langsung di kemas sebagai stock.

Pengolahan daun kelor kering menjadi tepung daun:

Daun kelor kering dihaluskan dengan menggunakan mesin penepung stainless steel atau bisa menggunakan mesin blender. Setelah dihaluskan, kemudian lakukan pengayakan dengan ayakan untuk menghasilkan serbuk daun kelor dengan tingkat kehalusan tinggi dan memisahkan butiran yang masih kasar. Serbuk yang lolos saringan, kemudian dikemas jika ingin dikemas. Tetapi jika ingin digunakan secara langsung juga diperbolehkan, tanpa mengemasnya.

BEBERAPA RESEP OLAHAN BERBAHAN TEPUNG DAUN KELOR

COOKIES KELOR
Bahan:
10gr maizena
25gr susu bubuk full cream
10gr tepung daun kelor
180gr tepung mocaf
1 butir kuning telur
25gr mentega
75gr gula halus
125gr margarin

Hiasan:
2 buah ceri hijau
2 buah ceri merah
50gr sereal jagung
50gr choco chip

Cara membuat:
Pertama-tama, campurkan margarin, mentega, gula halus dan kuning telur. Kemudian tambahkan maizena, susu bubuk full cream, tepung mocaf dan jangan lupa tambahkan pula tepung daun kelornya. Aduk hingga rata, kemudian cetak adonan sesuai selera dan beri hiasan di atasnya. Selanjutnya, susun adonan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Oven dengan suhu 150⁰C selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu, baru Kue Kelor siap disajikan.


KUE COKELAT KELOR
Bahan:
125gr margarin cair
150gr cokelat cair
3 butir telur
125gr gula pasir
1 sendok teh vanili bubuk
100gr kenari 
100gr tepung mocaf
25gr susu bubuk
0les loyang
Kertas roti

Cara membuat:

Campurkan gula pasir dan telur. Kemudian kocok campuran bahan tersebut. Masukkan cokelat cair, margarin cair, susu bubuk, tepung mocaf, kenari, dan vanila bubuk. Aduk hingga marata. Selanjutnya, tuangkan adonan tersebut kedalam loyang yang telah dioles dan dialas kertas roti. Lalu, taburkan kenari. Kemudian oven dengan temperatur 180⁰C selama kurang lebih 30 menit hingga matang.


KELOR CRISPY

Bahan:
10gr gula pasir
½ sendok teh garam
¼ sendok teh baking powder
1 sachet santan kental instan
2 butir telur
1 sachet kaldu ayam bubuk
5gr tepung daun kelor
140gr tepung ketan putih
50gr tepung tapioka
2000ml minyak goreng
25gr tepung mocaf

Cara membuat:

Campurkan tepung daun kelor, tepung ketan putih, tepung tapioka, tepung mocaf. Kemudian masukkan telur, 1 sachet kaldu ayam bubuk, gula pasir, garam, baking powder, santan dan margarin. Uleni hingga kalis. Setelah itu, giling dengan gilingan mie, potong sesuai selera. Goreng sampai matang.

0 Response to "Cara Pengolahan Kelor + Resep Kue"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel