Jangan Buang Biji Buah Ini..!!!

Berbagai macam buah yang ada di dunia ini. Setiap buah memiliki ciri khas masing-masing, baik dilihat dari sudut pandang fisik, atau bahkan dari segi manfaat yang terkandung di dalamnya. Jika kita bicara mengenai buah, maka yang ada dalam angan-angan kita yaitu tentang rasa daging buah yang cukup lezat jika dibayangkan. Tetapi disamping itu, ada beberapa buah yang memiliki biji yang sering tidak dihiraukan manfaatnya bagi tubuh. Sebagian besar masyarakat membuang begitu saja biji-biji buah tersebut. Padahal, ada beberapa biji buah yang dapat berperan andil bagi kesehatan tubuh kita. Di bawah ini ada beberapa biji buah yang sering diabaikan oleh masyarakat:  

1.    Biji Buah Nangka
Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Daging buah yang manis serta memiliki warna dan aroma yang sangat memikat hati, membuat setiap penggemarnya selalu menunggu musim panen buah yang satu ini. Pasalnya, buah nangka panen pada waktu-waktu tertentu saja. Tapi tahukah anda bahwa biji nangkapun juga memiliki rasa yang begitu nikmat apabila diolah dengan benar. Sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa biji nangka ini dapat melancarkan pencernaan, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah anemia, dapat melembutkan kulit, dan masih banyak manfaat dari biji nangka. 

Cara mengolah biji nangka ini sangatlah mudah, anda bisa merebusnya, atau menggorengnya. Jika anda ingin merebus biji nangka tersebut, pertama-tama pisahkan biji nangka dengan daging nangka, lalu cucilah hingga bersih, setelah itu rebus biji nangka tersebut, tambahkan sedikit garam jika anda menginginkannya. Jika tidak di tambah garam juga tidak ada masalah.

Cara menggoreng biji nangka yaitu dengan memisahkan biji dan daging buah terlebih dahulu, setelah itu kupas kulit biji nangka tersebut, jika sudah dikupas, gorenglah biji nangka yang sudah dikupas tadi. Jika anda menginginkan biji nangka goreng yang lebih crispy, sebelum anda menggorengnya, anda boleh mengiris tipis biji nangka tersebut, setelah itu baru digoreng.

2.    Biji Buah Rambutan
Buah yang satu ini memiliki ciri ksusus yaitu kulitnya yang serupa dengan rambut-rambut. Mungkin dari ciri inilah kenapa buah ini dinamakan buah rammbutan. Selain kulitnya yang unik, daging buah yang manis juga menjadi pemikat bagi penggemarnya. Tetapi sayangnya, bagian bijinya sering diacuhkan bahkan dibuang begitu saja. Padahal pada biji yang mungil tersebut terdapat nutrisi yang dapat mencegah dan mengobati beberepa penyakit, diantaranya yaitu: dapat mengobati diabetes, kandungan 5 senyawa fenolik termasuk flavoid dan 1 senyawa fenolik yang bukan flavoid yang terkandung dalam ekstrak methanol yang mempunyai peran dalam aktifitas hipoglikemik.


Biji rambutan dapat kita olah menjadi emping ataupun hanya digoreng dan direbus saja. Cara merebus biji rambutan ini sama dengan merebus biji nangka, hanya saja, untuk biji rambutan tidak perlu direbus hingga 100⁰C, cukup dengan melihat warna dari biji tersebut, apabila biji sudah berubah kecoklatan/bisa di lihat dari tingkat keempukan biji tersebut, jika sudah empuk, berarti biji tersebut sudah matang, jangan lupa tambahkan sedikit garam agar biji tersebut terasa gurih.

Dan untuk menggoreng biji rambutan juga sama dengan menggoreng biji nangka. Cukup dengan mengupas atau membuang kulit luar biji yang menyerupai kayu, kemudian goreng hingga matang, dan pastikan agar biji rambutan tersebut tidak gosong.

3.    Biji Buah Salak
Biji dari buah yang satu ini hampir semua orang akan membuangnya saat mengkonsumsi buah salak. Pasalnya biji ini sangatlah keras. Maka dari itu, banyak orang yang tidak tahu cara mengolah biji ini serta apa saja manfaat dari biji ini. Ada beberapa manfaat biji salak untuk kesehatan, diantaranya yaitu dapat mengatasi hipertensi, meningkatkan kecerdasan otak, menjaga dan meregenerasi sistem saraf yang rusak serta dapat mengatasi asam urat. 


Dalam hai ini, biji salak diolah menjadi bubuk yang serupa dengan kopi. Cara untuk membuat bubuk biji salak yaitu dengan memisahkan biji dari daging salak, kemudian keringkan biji salak, pastikan biji salak sudah benar-benar kering, kemudian sangrai, setelah itu haluskan biji salak tersebut hingga benar-benar halus. Jika sudah halus, maka bubuk biji salak tersebut dapat di seduh seperti halnya kopi.

4.    Biji Buah Semangka  
Semangka kaya akan kandungana air di dalamnya. Bukan hanyahanya air, semangka juga mengandung magnesium, lycopene, vitamin B dan kandungan lainnya yang dapat mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti mengontrol diabetes, mengobati penyakit jantung koroner, menjaga kekebalan tubuh, bisa meningkatkan kesuburan, serta menormalkan tekanan darah. Ternyata begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi biji semangka ini, maka dari itu tidak perlu repot-repot membuang satu-persatu biji ini dari dagingnya ya,,


Biji semangka dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dengan cara di seduh. Langkah-langkah untuk menyeduh biji buah semangka ini bisa diseduh bijinya langsung ataupun diseduh dalam bentuk bubuk.

Manfaat biji buah di atas hanya sebagian kecil dari beribu-ribu manfaat yang terkandung pada setiap biji buah-buahan yang tidak banyak diketahui khalayak ramai. Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekeliling anda.


0 Response to "Jangan Buang Biji Buah Ini..!!! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel