Satu Sendok Beras, Dapat Mengatasi Masalah Bayi,,???

Setiap pasangan pasti menginginkan buah hatinya bisa tumbuh kembang dengan baik. Apapun akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sang bayi. Memang tak mudah mengurus bayi yang hadir ditengah-tengah kebahagiaan anda. Adanya situasi dan kondisi yang baru, mengharuskan kita untuk bisa segera beradaptasi dengan keadaan tersebut. Pasalnya, jika kita tidak dapat segera beradaptasi akan timbul ketidak seimbangan psikologis yang akan dialami. 

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Terutama jika berkenaan dengan kesehatan tubuh sang bayi. Kesehatan bayi sangat berpengaruh terhadap keadaan bayi tersebut. Terkadang bayi sering rewel tanpa sebab, ada banyak kemungkinan dibalik tangisan tersebut. Bisa saja anak tersebut menangis karena ada hal yang membuatnya tidak nyaman, seperti sakit perut, kencing, masuk angin atau karena lapar. Bayi yang lapar hanya bisa menunjukkannya dengan tangisan. Maka dari itu, setiap orang tua harus peka terhadap setiap hal yang menyebabkan buah hatinya menangis. Jika membicakan tentang makanan bayi, tak semua makanan dapat diberikan pada bayi. Dibawah ini ada beberapa resep makanan sehat untuk bayi yaitu:
1.    Bubur Sayur Pelangi 
Sayur mengandung nutrisi lengkap untuk bayi. Kandungan gizi di setiap sayuran dapat menjaga kekebalan tubuh bayi anda. Begitu banyaknya jenis sayuran, memudahkan kita untuk membuat variasi makanan setiap harinya. Kita dapat mengolah sayuran itu menjadi bubur sayur pelangi. Cara membuatnya sangatlah mudah, hanya membutuhkan tepung beras, susu, dan sayur apa yang akan diolah. Pertama-tama haluskan sayuran yang telah dicuci, kita bisa menggunakan blender atau pengalus lainnya, dalam hal ini kita menggunakan sayur wortel, lalu panaskan susu, kemudian masukkan tepung beras, aduk hingga merata dan masukkan sayur yang telah di haluskan sebelumnya. Aduk hingga mempunyai tekstur yang diinginkan. Jika telah mendapatkan tekstur yang diinginkan, maka bubur sayur pelangi siap dihidangkan pada sang buah hati.


2.    Nasi Tim Ikan Tuna
Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan nasi tim untuk membuat buah hatinya merasa kenyang, tetapi alangkah baiknya jika nasi tim tersebut dicampur dengan ikan agar lebih bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan bayi. Salah satunya kita dapat menggunakan ikan Tuna. Ikan yang satu ini sangat mudah didapatkan disekitar kita, dagingnya yang tebal juga memudahkan kita dalam mengolahnya. Cara membuat nasi tim ikan tuna ini yaitu dengan cara melumat nasi yang telah di tim, kemudian pisahkan daging ikan Tuna dari tulangnya, pastikan tidak ada tulang yang tersisa, selanjutnya kukus daging ikan Tuna tersebut, tambahkan sedikit garam untuk memberikan sedikit rasa pada daging ikan, jika sudah matang, masukkan daging ikan Tuna tersebut kedalam nasi yang telah dilumat tadi.

3.    Bubur Marie Susu

Resep yang satu ini lebih praktis daripada resep lainnya, karena bahan yang digunakan adalah bahan-bahan instan yang mudah di dapat di toko-toko sekitar kita. Bahan yang dibutuhkan hanyalah susu dan marie (biskuit) saja. Cara membuatnya sangat mudah, hanya mengambil beberapa lembar marie (banyaknya marie sesuai kebutuhan), kemudian tuangkan susu secukupnya, tunggu beberapa saat agar susu menyerap kedalam marie sampai marie menjadi empuk. Setelah di pastikan marie telah empuk, maka bubuk marie telah siap untuk diberikan kepada si bayi.

4.    Nasi Tim Pisang Ijo 
Perpaduan nasi tim dan pisang ini sangat menarik, pasalnya campuran ini akan memberikan rasa manis saat dimakan. Rasa manis tersebut dihasilkan dari buah pisang tersebut. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan pisang ijo. Cara membuat nasi tim pisang ijo ini susah-susah gampang. Langkah pertama yaitu membuat nasi tim, sebelumnya cuci beras terlebih dahulu, kemudian letakkan di dalam wadah kecil yang tahan panas dan aman apabila dipanaskan, tambahkan air secukupnya, setelah itu siapkan panci, letakkan wadah kecil yang berisi beras dan air tersebut di dalam panci (posisi wadah ada di tengah panci), kemudian masukkan air kedalam panci (di sekeliling wadah kecil tadi), setelah semuanya selesai masaklah hingga matang. Selagi menunggu nasi tim jadi, lumatkan daging buah pisang (bijinya dibuang), pastikan lumatan tersebut benar-benar halus. Setelah itu, jika nasi tim telah masak, campurkan ke dalam lumatan pisang tadi, kemudian lumat campuran tersebut hingga benar-benar lumat dan tercampur rata. 

Beberapa resep diatas hanyalah sebagian kecil dari begitu banyak resep para bunda yang ada di luar sana. Kesehatan buah hati tidak ada tolak ukurnya bagi para orang tua, khususnya bagi para bunda. Maka dari itu jangan meremahkan perihal makanan. Karena bayi sangat rentan jika diberi makanan yang tidak cocok dengan usianya. Resep-resp diatas juga harus di sesuaikan dengan umur si bayi, karena setiap umur bayi mempunyai tahapan-tahapan makanan yang harus sesuai denga umurnya. 

Bunda juga harus berhati-hati dengan jumlah takaran garam yang ditambahkan dalam makanan bayi, karena jika jumlahnya melebihi rentang yang diperbolehkan, maka di khawatirkan akan timbul masalah pada bayi tersebut. Bayi hanya dibolehkan mengkonsumsi garam di bawah 1/6 asupan garam maksimum yang dikonsumsi orang dewasa, yaitu sekitar 1 gr/hari.

0 Response to "Satu Sendok Beras, Dapat Mengatasi Masalah Bayi,,???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel