Makanan Pemicu Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat


Asam urat yakni bentuk arthritis yang menyakitkan, yang terjadi saat kadar asam urat tinggi di dalam darah. Hal ini menimbulkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Asam urat diproduksi saat tubuh memecah kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh Anda, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat secara normal akan dikeluarkan dari tubuh dalam urin.

Untuk itu makanan sanggup menjadi pemicu asam urat, sekaligus membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Makanan bukanlah obat. Tapi sanggup dapat memilih kalau Anda kemungkinan terjangkit asam urat yang berulang.

Penderita asam urat harus mengikuti contoh makan, biar sanggup menurunkan kadar asam urat. Tujuannya biar asam urat tidak sering kambuh dan kita sanggup menghindari obat pereda nyeri dan radang.

Selain itu, mencapai berat tubuh yang ideal harus dilakukan, alasannya yakni membatasi makanan saja tidak cukup.

Penelitian mengatakan bahwa, mengurangi jumlah kalori dan menurunkan berat tubuh - bahkan tanpa makanan yang dibatasi purin - sanggup menurunkan kadar asam urat. Dan mengurangi jumlah serangan asam urat. Menurunkan berat tubuh juga mengurangi tekanan keseluruhan pada sendi.

Berikut yakni contoh makan yang dirancang untuk penderita sekaligus pemicu asam urat:


Karbohidrat kompleks
Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh, yang menyediakan karbohidrat kompleks. Hindari makanan dan minuman dengan sirup jagung fruktosa tinggi, dan batasi konsumsi jus buah bagus alami.


Air
Tetap terhidrasi dengan baik dengan meminum air sebanyak 8 gelas sehari.

Lemak
Kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas berlemak, dan produk susu berlemak tinggi.

Protein
Fokus pada daging tanpa lemak dan unggas, susu dan lentil rendah lemak sebagai sumber protein.

Berikut yakni beberapa makanan pantangan yang harus dihindari penderita asam urat:


Organ dan daging glandular
Hindari daging ibarat hati, ginjal dan roti manis, yang mempunyai kadar purin tinggi dan berkontribusi terhadap kadar asam urat darah tinggi.

Daging merah
Batasi ukuran porsi daging sapi, domba dan babi.

Makanan laut
Beberapa jenis makanan bahari - ibarat ikan teri, kerang, sarden dan tuna - lebih tinggi pada purin daripada jenis lainnya. Tetapi manfaat kesehatan keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risiko untuk orang dengan asam urat. Makan ikan dalam jumlah sedang boleh dilakukan penderita asam urat.

Sayuran purin tinggi
Penelitian telah mengatakan bahwa sayuran yang mengandung purin tinggi, ibarat asparagus dan bayam, tidak meningkatkan risiko serangan asam urat atau kambuh.

Alk*hol
Bir dan minuman keras suling dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat dan berulang. Konsumsi anggur tidak serta merta meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari alk*hol selama serangan asam urat, dan batasi alk*hol, terutama bir, di antara serangan.

Makanan dan minuman manis
Batasi atau hindari makanan bagus ibarat sereal yang dimaniskan, roti, dan permen. Batasi konsumsi jus buah bagus alami.

Makanan yang sanggup dikonsumsi penderita asam urat tanpa was-was:


Vitamin C
Vitamin C sanggup membantu menurunkan kadar asam urat. Bicarakan dengan dokter Anda wacana apakah suplemen vitamin C 500 miligram cocok dengan rencana pengobatan Anda.

Kopi
Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, terutama kopi berkafein biasa, sanggup dikaitkan dengan penurunan risiko asam urat. Minum kopi mungkin tidak sempurna kalau Anda mempunyai kondisi medis lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda wacana berapa banyak kopi yang sempurna untuk Anda.

Ceri
Ada beberapa bukti bahwa makan ceri dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat.

Contoh sajian makanan untuk penderita asam urat

Inilah yang mungkin Anda makan dalam keharian pada diet asam urat.


Sarapan
Sereal gandum utuh tanpa aksesori dengan skim atau susu rendah lemak
1 cangkir stroberi segar
kopi
air

Makan siang
Irisan dada ayam panggang (2 ons) pada gulungan gandum dengan mustard
Campuran salad hijau dengan sayuran, 1 sendok makan kacang, dan cuka balsamic dan saus minyak zaitun
Susu skim atau rendah lemak atau air

Camilan sore
1 cangkir ceri segar
air

Makan malam
Salmon panggang (3 hingga 4 ons)
Kacang hijau panggang atau dikukus
1/2 hingga 1 cangkir pasta whole-grain dengan minyak zaitun dan lemon lada
air
Yogurt rendah lemak
1 cangkir melon segar
Minuman bebas kafein, ibarat teh herbal

Hasil

Mengikuti diet asam urat sanggup membantu membatasi produksi asam urat dan meningkatkan pengeluarannya. Diet asam urat cenderung tidak menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah, tetapi cukup untuk mengobati asam urat tanpa obat.


Mengikuti diet asam urat, bersama dengan membatasi kalori dan berolahraga secara teratur, juga sanggup meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat tubuh yang sehat.

0 Response to "Makanan Pemicu Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel