Anda Ingin Berwisata Religi Di Jawa Barat ? Cobalah Tempat Ini

Jawa Barat ialah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung. Mayoritas penduduk Jawa Barat ialah suku sunda, yang rata-rata penduduknya memakai bahasa sunda sebagai bahasa sehari-hari mereka. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai norma yang sudah ada secara turun temurun, serta mempunyai prilaku sosial yang sering disebut dengan silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah mempunyai arti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Masyarakat Jawa Barat mempunyai akad yang berpengaruh terhadap nilai-nilai religi, maka masyarakat disana sering berziarah ke makam para wali ataupun tempat wisata religi yang ada di Jawa Barat, dikala hari-hari besar agama dan masa liburan. Mereka biasanya melaksanakan tahlil bersama serta mengirim doa kepada para wali dan masyarakat mempercayai akan mendapat barokah dari makam yang mereka kunjungi tersebut.
Inilah beberapa wisata religi di Jawa Barat yang sanggup anda kunjungi bersama keluarga :

1. Makam dan Goa Pamijahan, Tasikmalaya

Tasikmalaya, Jawa Barat dikenal sebagai kotanya para santri, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pondok-pondok pesantren salafiyah untuk memperdalam agama Islam. Di kota santri ini terdapat tempat wisata ziarah terbesar di Tasikmalaya dan di Jawa Barat, yaitu makam dan Goa Pamijahan. Goa ini terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Goa Paminjahan Tasikmalaya

Goa ini selalu ramai dipadati pengunjung setiap harinya tiba dari aneka macam kota dan provinsi di Indonesia yang ingin menikmati salah satu wisata religi ini. Goa Pamijahan sangat berkaitan dengan penyebaran agama Islam juga di Indonesia, di dalam goa ini terdapat mata air yang jernih menyerupai air zamzam. Pengunjung yang akan memasuki Goa biasanya memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT. Mereka mempercayai bahwa Goa ini mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding Goa pada umumnya.

2. Masjid Merah Panjunan, Cirebon

 

Masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya, alasannya ialah masjid ini hanya dipakai untuk acara solat sehari-hari tanpa adanya acara solat jumat yang dilakukan di masjid ini. Sangat unik bukan? Masjid ini berada di Kampung Panjunan, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemah Wungkuk. Untuk anda yang sedang berada di Cirebon dan sekitarnya, anda sanggup mengunjungi salah satu masjid unik ini.

3. Sumur Tujuh Cibulan, Kuningan

Nama cibulan berasal dari kata cai katimbulan yang berarti air yang timbul. Sumur ini terletak di Desa Manis Kidul kecamatan Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan kea rah utara. Di tempat ini terdapat tujuh sumur yang dikenal dengan sebutan Sumur Tujuh merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang dipakai untuk bersuci, tempat ini merupakan salah satu penyebaran agama Islam di Kuningan melalui acara para Wali Songo.



4. Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Makam ini mempunyai arsitektur yang unik perpaduan antara gaya arsitektur Cina, Arab dan Jawa, yang menjadi keistimewaan dari makam ini. Makam Sunan Gunung Jati dijadikan tempat wisata ziarah di Cirebon yang selalu ramai dipadati oleh pengunjung. Terutama pada waktu hari-hari besar Keagamaan, menyerupai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, ritual Grebeg Syawal, dan masih banyak lagi ritual lainnya.

5. Makam Godog, Garut

Makam ini terletak di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ziarah ini merupakah salah satu yang paling popular di Jawa Barat. Alkisah, Makam Godog ialah Makam Raden Kiansantang yang merupakan putra dari Prabu Siliwangi. Raden Kiansantang membuatkan agama Islam dengan cara berkeliling ke setiap tempat dalam penyebaran dakwahnya. Makam Godog selalu dipadati oleh pengunjung, maka dari itu untuk warga Garut dan sekitarnya silahkan mengunjungi wisata tempat ziarah yang popular ini.
Bagi Anda yang berada di luar Pulau Jawa, Anda boleh pribadi cari tiket pesawat untuk penerbangan ke tempat Jawa Barat, Anda sanggup mendarat di bandara-bandara yang ada di Jawa Barat.

0 Response to "Anda Ingin Berwisata Religi Di Jawa Barat ? Cobalah Tempat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel