Kecil Mungil, Bernutrisi..???

Pohon kersen (muntingia calabura) termasuk tumbuhan perdu atau bisa dikatakan termasuk pohon kecil karena pohon ini hanya memiliki ketinggian yang mencapai 12 meter. Cabangnya mendatar dan memiliki ranting yang sedikit berambut halus serta bercampur rambut kelenjar. Pohon ini berbuah setiap hari. Buah kersen berwarna hijau ketika masih belum masak, jika buahnya sudah mulai menguning atau bahkan telah berubah menjadi kemerahan berarti buahnya sudah masak. Buah kersen yang sudah memerah itulah yang siap untuk dimakan. Tetapi buah yang berwarna kuning sebenarnya juga dapat di makan, tetapi rasanya tidak akan semanis yang berwarna kemerahan. Sedangkan buah yang masih hijau itu tandanya buah tersebut masih belum matang dan memiliki rasa pahit. Buah kersen berbentuk bulat kira-kira memiliki diameter 1 - 1,5 cm dan memiliki tangkai panjang.


Pohon ini juga memiliki daun yang berambut halus serta tepinya bergerigi. Bentuk daunnya bundar dan ujungnya runcing.  Biasanya daun kersen hanya digunakan untuk pakan hewan ternak seperti Kambing ataupun Sapi. Tapi sebenarnya daun kersen juga dapat dikonsumsi oleh manusia karena daun kersen dapat mencegah dan menyembuhkan kadar gula dalam darah. Jadi, teh/seduhan daun kersen dapat menjadi pilihan untuk penderita diabetes.

Pohon ini termasuk dalam klasifikasi ilmiah:
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Malvales
Famili : Muntingiaceae
Genus : Muntingia
Spesies : M. Calabura

Pohon kersen memiliki beberapa nama yang berbeda di setiap daerah diantaranya yaitu:
Indonesia : kersen, belaci, dan talo
Filipina : Datiles, Manzanitas, dan aratites.
Vietnam : mât sâm
Malaysia : kerukup siam
Spanyol : cacaniqua, nigua, dan niguito
Belanda : japanse kers
Laos : takhôb
Kamboja : krâkhôb barang
Thailand : takhop farang
Inggris : panama berry, jamaincan cherry, dan singapore cherry

Ternyata bukan hanya bentuk pohon dan buahnya saja yang begitu indah tetapi kandungan nutrisi di dalamnya cukup banyak seperti adanya kandungan serat, energi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin C, niacin, ribofalin, tianin, karoten, besi, air, dan lemak. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada kersen, maka tak dapat dipungkiri bahwa kersen pasti memiliki khasiat bagi tubuh manusia diantaranya yaitu dapat menyembuhkan diabetes, menghilangkan jearawat, mengobati flu, sebagai antiseptik, anti inflamasi, bahkan dapat mencegah dan mengatasi tumor.

Buah kersen dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik dari pohonnya, daunnya juga dapat diseduh sebagai mana teh pada umumnya.

Itulah sekilas informasi mengenai pohon perdu atau kersen yang sangat mudah untuk kita jumpai di sekitar kita, karena pohon ini tumbuh liar dimana-mana. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

0 Response to "Kecil Mungil, Bernutrisi..???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel