Benua Pertama Pemberantas Campak

Komite ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Pan Amerika menyatakan bahwa, Benua Amerika berhasil menjadi wilayah pertama di dunia yang dapat memberantas penyakit campak. Di negara-negara lain, penyakit yang sering menjangkiti anak-anak ini masih sering terjadi. Penyakit campak menduduki urutan kelima yang telah dapat diberantas dibelahan Bumi Barat.


Penyakit campak merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus golongan Paramixovirus. Campak juga disebut rubeola atau campak merah. Penyakit ini dapat di cegah dengan menggunakan vaksin. Rubeola bersifat menular. Penularan itu dapat terjadi karena disebabkan menghirup percikan liur penderita campak. Biasanya penularan ini dapat terjadi 2 sampai 4 hari sebelum timbul gejala-gejala campak, salah satu gejala penyakit campak yaitu timbulnya ruam atau bercak merah kecoklatan dan 4 hari setelah ruam ada ruam di kulit. Urutan munculnya ruam ini biasanya dari bagian bawah telinga, kemudian meluas ke sekitar kepala, lalu menjalar ke bagian leher, kemudian barulah ruam tersebut muncul di seluruh bagian tubuh. Ruam tersebut dapat berupa ruam mendatar atau ruam timbul.

Ada beberapa gejala yang dapat kita ketahui mengenai penyakit campak tersebut, diantaranya yaitu:
  • Penderita akan mengalami demam
  • Terjadi conjuctivitis atau mata memerah
  • Tenggorokan terasa nyeri
  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya
  • Timbul bercak koplik
  • Semua otot terasa nyeri
  • Pilek yang disertai batuk 

Itulah beberapa gejala yang merujuk pada penyakit campak. Tetapi untuk mendapatkan diagnosa yang lebih jelas, maka perlu dilakukan tes darah, melakukan pemeriksaan lg M anti campak, dan melakukan pemeriksaan komplikasi campak (enteritis, Ensephalopati, Bronkopneumoni).

Untuk pencegahan penyakit campak dapat dilakukan dengan memberi vaksinasi MMR yang diberikan 2 kali. Pemvaksinan pertama dilakukan ketika anak berusia 5 bulan, kemudian vaksinasi kedua dilakukan sebelum anak beranjak ke Sekolah Dasar (SD), kira-kira sekitar umur 5-6 tahun. Vaksinasi tersebut sangat penting untuk mencegah penyakit campak.



0 Response to "Benua Pertama Pemberantas Campak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel