Manfaat Daun Kemangi Sebagai Obat Herbal

Tanaman obat, rabu : Kemangi ialah sejenis tumbuhan semak kecil yang sering dimanfaatkan bab daunnya oleh masyakat sebagai lalapan atau materi rempah, aroma daun kemangi yang khas banyak dipakai untuk meningkatkan rasa dan aroma dari olahan masakan ibarat tumisan,dan pepes ( sumber Wikipedia/kemangi ).

 ialah sejenis tumbuhan semak kecil yang sering dimanfaatkan bab daunnya oleh masyakat  Manfaat Daun Kemangi Sebagai obat Herbal

Selain berkhasiat sebagai bumbu dapur, manfaat daun kemangi lainnya yaitu sanggup dimaksimalkan sebagai obat. Kandungan gizi didalamnya sangat bermanfaat bagi tubuh ibarat vitamin ( A, betakaroten, C,dan K ), Mineral ( kalium, kalsium, zat besi, sineol, magnesium, dll), zat dan senyawa penting ibarat lutein, zeaxanthin, arginine, terdapat juga minyak esensial ibarat estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene.

Dengan kandungan yang dimilikinya itu, daun kemangi sanggup menawarkan manfaat untuk tubuh jikalau dikonsumsi secara rutin dan teratur, berikut ialah manfaat dari aneka macam unsur yang terkandung dalam daun kemangi untuk kesehatan anda baik untuk mencegah ataupun mengobati penyakit.

1. Vitamin.
  • Vitamin A – vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari aneka macam gangguan yang sering terjadi pada mata.
  • Vitamin C  dan Betakaroten – kandungan keduanya sanggup merangsang antibody sehigga sanggup meningkatkan daya tahan tubuh,  anti oksidan dan vitamin C dalam daun kemangi berperan dalam menurunkan demam.
  • Vitamin K – Berperan dalam mengaktifkan protein yang memengang peranan penting dalam pertumbuhan jaringan pada tulang rawan. Vitamin K juga menawarkan tugas yang sangat penting dalam proses pembekuan darah, sehingga sanggup mencegah pendarahan.


2. Mineral.

  • Sineol dan magnesium – membantu menstabilkan denyut jantung dan memperlebar pembuluh nadi sehingga peredaran darah menjadi lancar. Magnesium dan betakaroten sanggup melindungi dinding sel dari kerusakan akhir radikal bebas.
  • Kalsium - membantu memperkuat tulang dan gigi

3. Zat Dan Senyawa lainnya
  •  Zat arginine – berperan dalam meningkatkan kesuburan pada laki-laki dan mencegah kemandulan
  • Lutein dan Zeaxanthin -  melindungi mata dari kerusakan sebagai akhir radiasi sinar-sinar yang berbahaya.
  • Minyak esensial – berfungsi menghambat berkembangnya bakteti pathogen yang telah resisten terhadap obat-obatan antibiotic.

Daun kemangi juga bersifat antiinflmasi dan antibakteri, sehingga sanggup berfungsi untuk menghilangkan aroma kurang sedap pada verbal dan badan, dan mencegah peradangan pada sendi.

0 Response to "Manfaat Daun Kemangi Sebagai Obat Herbal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel