Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Dapat dikatakan, game sanggup bermanfaat sebagai sarana hiburan semata yang dimainkan sesekali.

Tapi game sanggup menjadi dilema serius kalau menciptakan kecanduan, baik itu pada anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

 game sanggup bermanfaat sebagai sarana hiburan semata yang dimainkan sesekali Langkah-Langkah Mengatasi Kecanduan Game pada Anak
Photo credit: Flickr.com / Marcus Kwan

Bahaya kecanduan game sanggup sangat parah, khususnya pada belum dewasa yang sedang dalam masa pertumbuhan, baik fisik, mental maupun kecerdasannya.

Anak-anak yang seharian hanya disibukan dengan main game pc maupun smartphone, maka dirinya terlalu sering berdiam diri di rumah, dan tubuhnya jarang bergerak.

Bermain game boleh untuk hiburan tapi ada batasannya, alasannya ialah ada banyak acara bermanfaat lainnya yang perlu dilakukan dalam sehari-hari.

Cara Mengobati Kecanduan Game

Cukup sulit untuk mengatasi anak yang sudah fanatik (kecanduan) bermain game.

Butuh waktu cukup lama, dan juga perlu kesabaran untuk sanggup mengatasi kecanduan game pada anak. Orang bau tanah sanggup mengalihkan perhatian anak.

Dorong dan semangati anak supaya melaksanakan kegiatan olahraga yang beliau sukai. Sehingga kalau anak telah terbiasa untuk melaksanakan olahraga yang beliau sukai maka sifat kecanduan game akan berkurang sedikit demi sedikit.

Orang bau tanah sanggup memperlihatkan hukum pada anak, suara aturannya yaitu: "Anak gres boleh bermain game sesudah melaksanakan acara olahraga (contohnya bermain sepak bola, basket, les berenang, dll)."

Luangkan Waktu untuk Anak, dan Beri Perhatian Pada Anak
Sangat penting bagi orang bau tanah untuk menyediakan waktu yang cukup untuk bersama anak-anak.

Setelah pulang kerja (bisa di sore hari atau sesudah waktu maghrib), orang bau tanah perlu berkumpul bersama anak sembari minum teh dan mengobrol perihal hal-hal yang menyenangkan.

Saat masa-masa berkumpul ibarat ini, orang bau tanah sanggup menanyakan beberapa hal yang mengambarkan perhatian orang bau tanah kepada anak.

Selain itu, sanggup juga orang bau tanah mengajari atau bercerita sesuatu kepada anak, atau juga orang bau tanah dan anak melaksanakan kegiatan tertentu.

Intinya pada masa-masa quality time ibarat ini, JANGAN SAMPAI masing-masing pihak sibuk dengan gadget-nya masing-masing.


Ajarkan Jadwal Kegiatan Kepada Anak
Ini sangat penting, beritahu anak kegiatan-kegiatan yang akan dilakukannya pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Dengan melatih anak untuk sanggup memahami banyak sekali kegiatan dan kewajibannya, maka ini secara perhalan akan menghilangkan kecanduan game pada anak.

Selalu berikan peringatan pada anak perihal kewajibannya, kalau anak belum terlatih maka ingatkan setiap jam.

Orang bau tanah perlu mencari tahu perihal kegiatan-kegiatan yang sanggup menyenangkan anak, usahakan kegiatan itu bermanfaat untuk masa depan sang anak.

Kegiatan itu sanggup ibarat latihan bela diri, berenang, basket, futsal, les komputer, editing video, desainer, programming, dan ratusan kegiatan bergengsi lainnya yang mungkin disenangi sang anak.

Buat Batasan Waktu Bermain Game, dan Carikan Anak Teman Sebaya
Dahulu, orang bau tanah sanggup dengan gampang memerintahkan anak untuk pulang ke rumah dan berhenti bermain pada jam 5 sore.

Hal ini gampang dilakukan alasannya ialah memang belum dewasa ketika itu sudah dibiasakan untuk melaksanakan hal itu.

Dengan begitu, biasakan anak Anda untuk mempunyai kegiatan-kegiatan selain bermain game di gadget.

Mula-mula batasi waktu bermain game anak secara perlahan. Lalu mulai masukan beberapa kegiatan yang berkhasiat untuk anak.

Minimal ajak anak bermain di taman hijau, kalau sanggup ada sobat seumurannya sehingga seru dan menyenangkan.

Dua hal ini (mengurangi waktu bermain game dan memperlihatkan anak kegiatan yang berguna) harus terus digencarkan. Namun lakukan secara perlahan saja, jangan terburu-buru.

Intinya, orang bau tanah berusaha supaya kecanduan game pada anak sanggup berkurang sedikit demi sedikit.

Hindari memaksa anak berhenti bermain game sepenuhnya secara mendadak, alasannya ialah kemungkinan akan gagal.

Hal-Hal Lainnya

-Pastikan memperlihatkan password pada gadget, jangan hingga anak tahu passwordnya.

-Bekali pengetahuan yang benar perihal ancaman cyber kepada Anak. Secara rutin edukasi anak perihal ancaman dari penyalahgunaan gadget.

-Orang bau tanah harus memperlihatkan pola baik untuk anak. Anak akan memalsukan orang tuanya, sehingga orang bau tanah jangan hingga terlalu sering mengoperasikan gadget alasannya ialah anak dicontoh anak.

-Usahakan setiap hari untuk meluangkan “Family Time”. Sangat penting untuk berbincang, bercanda, dan sharing sesama anggota keluarga.

-Usahakan untuk makan malam bersama.

-Jika ingin menonton film, lakukan bahu-membahu dengan keluarga.

-Sedikit demi sedikit latih anak untuk memanfaatkan teknologi (internet) untuk hal-hal yang berguna.

-Kalau sanggup lakukan rekreasi keluarga secara rutin, usahakan ke tempat-tempat alam, pantai dan semacamnya.

-Mengehentikan anak bermain game tidak sanggup dilakukan secara instan. Fokusnya ialah mengurangi waktu bermain game anak secara perlahan.

Demikian saja, ingatlah poin-poin yang disebutkan diatas.

0 Response to "Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel