Manfaat Daun Tempuyung Untuk Obat Tradisional Kerikil Ginjal

Sonchus arvenshis L atau yang lebih dikenal dengan tempuyung ialah salah satu tanaman penghijau halaman yang kini ini mulai banyak dimanfaatkan pecahan pohonnya sebagai ramuan obat.

Manfaat daun tempuyung untuk obat tradisional kerikil ginjal Manfaat Daun Tempuyung Untuk Obat Tradisional Batu Ginjal
Tanaman tempuyung mempunyai bentuk daun dengan bentuk memanjang  dengan pecahan ujung meruncing, tepinya bergelombang dan bergerigi. Dalam dunia pengobatan, obat penghancur kerikil ginjal, dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Khasiat daun tempuyung sebagai obat herbal kerikil ginjal.

Seiring dengan semakin dikenalnya tempuyung sebagai tanaman obat, mulai banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk mengatasi banyak sekali persoalan yang terjadi pada badan baik yang disebabkan penyakit atau gangguan lainnya.

Semua khasiat yang terkandung dalam daun tempuyung khususnya sebagai obat tradisional kerikil ginjal, tidak terlepas dari unsur-unsur kimia yang terdapat didalamnya. Zat dan senyawa dalam daun tempuyung diantaranya:  saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol, dan juga kalium. Kandungan kalium dalam daun tempuyung cukup tinggi. Kalium merupakan salah satu zat yang bermanfaat untuk menghancurkan kerikil ginjal.

Salah satu penelitian telah dilakukan oleh Prof.Sarjito untuk mengetahui seberapa besar kemampuan daun tempuyung dalam mengatasi kerikil ginjal pada tubuh. Penelitian dilakukan dengan mengambil dua sampel kerikil ginjal yang diambil dari dua pasien.

Dalam penelitiannya, kedua bahan  direndam dalam air rebusan daun tempuyung masing- masing pada suhu kamar dan suhu 30-35 derajat Celsius. Dalam proses perendaman, materi pertama mendapat perlakuan berbeda yaitu digoyang-goyang, dan untuk materi kedua hanya didiamkan.

Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan fakta bahwa kedua materi percobaan tersebut mengalami pengurangan bobot. Sehingga bisa ditarik kesimpulan, bahwa daun tempuyung memilki kemampuan dalam meluruhkan kerikil ginjal. Hanya sayangnya, belum diketahui, zat dan senyawa apa saja yang terdapat dalamnya yang mempunyai kemampuan untuk menghancurkan kerikil ginjal.

Cara menciptakan ramuan obat kerikil ginjal dari daun tempuyung.

Untuk bisa mendapat khasiat daun tempuyung sebagai ramuan obat kerikil ginjal, anda bisa memperoleh secara instan yaitu dengan membeli obat-obatan yang terbuat dari ekstrak daunnya, atau kalau mau sedikit repot. Anda bisa juga menciptakan ramuannya sendiri.silahkan ikuti panduan cara pembuatannya dibawah ini.

1. Bahan ramuan  pertama:
Pada resep ramuan obat ini, anda hanya perlu menyiapkan daun tempuyung kering 250 gram dan air 250 cc. kemudian rebus hingga mendidih.  Air rebusan tersebut bisa anda minum secara rutin setiap hari dalam keadaan dingin.

2. Bahan ramuan kedua:
Daun tempuyung segar 5 lembar, daun sawi 5 lembar, daun alpukat 5 lembar, dan gula aren 2 cm.
Cuci terlebih dahulu semua materi kecuali gula, kemudian rebus dengan air 3 gelas hingga air tersisa 2 ¼ gelas. Saring air rebusan tersebut, kemudian minum dalam keadaan cuek secara rutin 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

3. Bahan ramuan ketiga:
Daun tempuyung 5 lembar, jagung muda 6 buah, air 3 gelas, 2 cm gula aren.
Rebus semua materi hingga tersisas 2 ¼ gelas, saring. Minum air rebusan tersebut 3 x sehari sebanyak ¾ gelas.

Selain sebagai obat tradisional kerikil ginjal, tentunya masih banyak manfaat daun tempuyung lainnya yang bisa anda maksimalkan. Silahkan cari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda.

sumber :

0 Response to "Manfaat Daun Tempuyung Untuk Obat Tradisional Kerikil Ginjal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel