Manfaat Buah Semangka Untuk Badan Sehat

 buah besar dengan warna daging buah merah yaitu hal yang tentunya akan anda bayangkan bi Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Sehat

Buah besar dengan warna daging buah merah yaitu hal yang tentunya akan anda bayangkan jika menyebut nama semangka.

Semangka atau Citrullus lanatus yaitu satu dari sekian banyak tumbuhan merambat yang banyak tumbuh di wilayah tropis menyerupai indonesia. Iklim dan tekstur tanah yang cocok mengakibatkan tumbuhan dengan kandungan air cukup tinggi pada buahnya ini sanggup tumbuh dengan baik.

Banyak masyarakat mengemari buah berbiji banyak ini, rasanya yang manis, dan kandungan airnya yang tinggi, sanggup menghilangkan dahaga dan mengembalikan kesejukan pada badan dikala mengkonsumsinya. Makan buah semangka juga sanggup menawarkan manfaat cukup baik bagi kesehatan. Didalam daging buahnya terkandung gizi cukup banyak dan berkhasiat bagi tubuh, diantaranya mineral ( potassium, belerang, fosfor, sodium,dll ), Vitamin ( A, B1, B6, dan C ), materi gula dan air.

Manfaat buah semangka bagi kesehatan

Dengan sejumlah kandungan gizinya tersebut, buah semangka sanggup menawarkan khasiat bagi kesehatan, beberapa manfaat buah semangka antara lain sebagai berikut :

1. Memelihara kesehatan jantung.
Buah semangka kaya akan likopen, zat ini berperan pentig dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, likopen juga sanggup melindungi pembuluh darah dari kolesterol jahat, sehingga anutan darah dari dan ke jantung menjadi lancar, serta kiprah jantung dalam memompa darah menjadi normal.

2. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
Selain baik untuk jantung, likopen dalam buah semangka mempunyai manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Perpaduan antara likopen, air , dan serat sanggup mengakibatkan kulit tetap lembab. Likopen juga sanggup mengurangi perembesan sinar ultraviolet dari matahari sebesar 40%.

Nutrisi lainnya yang berkhasiat dalam memelihara kecantikan kulit, yaitu vitamin A dnan C. kedua vitamin ini tersedia cukup tinggi dalam buah semangka, dan sanggup menjadi sumber nutrisi bagi kulit.

3. Menurunkan Tekanan Darah.
Penelitian yang dilakukan oleh Professor Arturo Figueroa, dari Florida State University Associate, mendapat hasil dimana ekstrak semangka sanggup menurunkan tekanan darah pada aorta dan jantung.

4. Mencegah dehidrasi
Kandungan air yang banyak dalam buah semangka sanggup melindungi badan dari kehilangan cairan tubuh ( kondisi badan yang kekurangan cairan ).

5. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh.
Citruline didalamnya sanggup berkhasiat untuk mengurangi jumlah timbunan lemak pada bagian-bagian tubuh, menyerupai perut, dan lipatan paha.

6. Menjaga kesehatan ginjal.
Konsumsi buah semangka sanggup melancarkan anutan urine dalam tubuh. Terdapat juga kalisum yang berkhasiat untuk membersihkan ginjal dari segala macam kotoran menyerupai racun dan sebagainya.

7. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Kandungan vitamin C dalam buah semangka cukup tinggi, vitamin C sanggup berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga badan akan memiki daya tahan cukup baik terhadap perubahan cuaca.

8. Memperbaiki jaringan badan yang rusak
Dalam buah semangka, terkadungsatu zat yang dinamakan lypocene. Zat ini sanggup memacu pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada tubuh.

9. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Keunggulan lainnya dari buah semangka, yaitu kondusif dikonsumsi oleh anda yang menderita diabetes. Kandungan gula dalam buah semangka yaitu gula alami yang kondusif bagi tubuh. Selain itu, indeks glikemik dalam didalamnya sangatlah rendah, sehingga tidak beresiko menaikkan kadar gula darah. Tapi ada baiknya, bagi penderita diabetes, untuk membatasi jumlah asupan buah semangka yang dikonsumsi.

Selain buahnya yang sangat bermanfaat, cuilan terdalam dalam buah semangka, yaitu bijinya, sanggup juga anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi cacing perut pada sistem pencernaan. Cara pengolahnnya yaitu dengan mengeringkan biji semangka kemudian dihaluskan, biji yang telah halus tersebut sanggup anda jadikan sebagai teh yang kaya akan manfaat, salah satunya sanggup mengurangi cacing pita dalam sistem pencernaan badan anda.

Dengan begitu banyak manfaat dalam buah semangka ini ,sepertinya layak sekali jika anda memasukannya sebagai salah satu sajian sehat bagi keluarga dirumah.

0 Response to "Manfaat Buah Semangka Untuk Badan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel