Ciri-Ciri Umum Flora Tempuyung

Tempuyung yakni salah satu tanaman liar yang diketahui mempunyai khasiat dalam dunia pengobatan. Tanaman dengan nama ilmiah "sonchus Arvensis" ini mempunyai beberapa nama daerah, diantaranya : lobak air, lempung jombang, lampenas, rayana dan galibug. lempuyung diketahui mempunyai khasiat pengobatan, sehingga mulai banyak orang yang membudiyakannya.

 yakni salah satu tanaman liar yang diketahui mempunyai khasiat dalam dunia pengobatan Ciri-Ciri Umum tanaman Tempuyung

Tanaman lempuyung  dapat tumbuh dengan baik di kawasan yang mempunyai ketinggian 50-1600 dpl, dengan curah hujan tinggi serta ekspresi dominan panas yang pendek.

Gambaran umum tanaman lempuyung.

Tanaman lempuyung mempunyai bagian-bagian pohon yang hampir semuanya dapat dimanfaatkan sebagai obat, antara lain bab batang, daun, bunga, dan bijinya. Oleh alasannya yakni itu, tiidak salah kalau lempuyung digolongkan sebagai tanaman obat herbal.beberapa khasiat tempuyung antara lain dapat dipakai untuk obat penghacur kerikil ginjal, obat asam urat, mengatasi pembengkakan, radang payudara, demam, dan sebagainya.

 yakni salah satu tanaman liar yang diketahui mempunyai khasiat dalam dunia pengobatan Ciri-Ciri Umum tanaman Tempuyung

Ciri-ciri dari tanaman tidak berkayu atau terna ini antara lain :
  1. Tinggi tanaman tempuyung antara 65-150 cm, batang berlubang, berbulu, tekstur lunak, dan mengandung getah berwarna hijau.
  2. Daun tempuyung berbentuk lonjong, permukaan daun daun licin dengan warna hijau keunguan, bab tepi daun bergigi tak beraturan,ujung daun berbentuk runcing.
  3. Tempuyung mempunyai bunga berbentu malay, dengan kelopak mirip lonceng. Mahkota bunga terbentuk dari kumpulan jarum berwarna kuning atau putih.
  4. Buah tempuyung  berbentuk kotak dan berusuk lima, bab permukaan ditumbuhi bulu hitam yang lalu akan bermetamorfosis biji berukuran kecil dan ringan.

0 Response to "Ciri-Ciri Umum Flora Tempuyung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel