Waspada! Nonton Pertandingan Sepak Bola Picu Serangan Jantung

Sepak bola menjadi olahraga yang sangat terkenal di dunia. Banyak orang yang rela bergadang untuk dapat menonton klub favoritnya.

Namun, banyak pakar kesehatan menunjukkan peringatan bahwa menonton pertandingan sepakbola dapat menyebabkan penyakit serius.

 Sepak bola menjadi olahraga yang sangat terkenal di dunia Waspada! Nonton Pertandingan Sepak Bola Picu Serangan Jantung
Photo credit: Wikipedia.org

Beberapa penelitian dan laporan menyebutkan pengaruh negatif dari fanatik pada kesebelasan sepak bola, menyerupai memicu keributan (kerusuhan), gangguan psikologi dan kesehatan.

Terlalu serius menonton sepak bola dapat menyebabkan gangguan jantung, serangan jantung dan stroke.

Adapun pengaruh psikologi dari fanatik sepakbola adalah menyebabkan stres, depresi, sampai dapat memicu seseorang bunuh diri.

Para pasien arteri koroner perlu berhati-hati dari rasa tegang dan stres yang ditimbulkan dari menonton sepak bola. Khususnya ketika tim kesayangannya dikalahkan oleh tim rival.

Penggemar fanatik mempunyai resiko tinggi mengalami gangguan kesehatan jawaban terlalu tegang menonton sepakbola, apalagi ketika klub yang didukungnya kalah.

Sebagian penonton sepakbola berteriak di depan televisi sampai membuatnya rentan terkena serangan jantung ketika itu juga.

Rasa tegang, stres, emosi, kecemasan dan kemarahan sering dialami oleh para penonton sepakbola. Apalagi kalau pertandingannya bergengsi, menyerupai final piala dunia, final liga champions eropa, atau pertandingan dua klub besar (big match).

Pada sebuah penelitian, dilaporkan bahwa ada penggemar Belanda yang mengalami maut pada hari ketika tim nasional mereka tersingkir di Piala Eropa 1996.

Profesor Diederick Grobbee dan tim penelitiannya dari University Medical Centre di Utrecht, mengungkapkan penyebab maut ketika menonton sepak bola adalah stres yang dikombinasikan dengan merok*k, makan berlebihan dan minum minuman beralk*hol selama pertandingan.

Pada kejuaraan 1996 tersebut, terlihat para penggemar Belanda bersorak-sorai sehabis timnas mereka masuk ke babak perempat final, yang nantinya bertemu Prancis.

Tapi, sehabis itu keadaan berubah. Pertandingan masih dalam kedudukan 0-0 sehabis 2x45 menit dan perpanjangan waktu. Dan balasannya Prancis memenangkan pertandingan melalui tabrak penalti.

Resiko serangan jantung dapat lebih tinggi lagi, kalau seorang penonton fanatik mempunyai gaya hidup kurang baik, seperti:
  • Jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga.
  • Sering mengonsumsi asupan tinggi lemak jenuh.
  • Mengonsumsi cemilan menyerupai kentang goreng, snack dan semacamnya.
  • Merok*k dan minum minuman beralk*hol.
  • Mudah terkena stres.

Sebagai nasehat, ada baiknya jangan terlalu serius ketika menonton sepakbola. Selain itu, Anda harus mengonsumsi masakan yang sehat dan rutin berolahraga.

Referensi:
Mail Online (dailymail.co.uk). 'Watching football can kill you'. Diakses: 17 Agustus 2018

0 Response to "Waspada! Nonton Pertandingan Sepak Bola Picu Serangan Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel