Pengertian Dan Jenis-Jenis Asuransi Unit Link

Asuransi - Saat ini asuransi menjadi gaya hidup masyarakat modern, sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya asuransi. Tapi, walaupun begitu, jikalau jumlah masyarakat yang memakai asuransi dibandingkan dengan masyarakat indonesia, persentasenya masih tergolong kecil, kurang dari 15%. Tentu hal ini bisa dimaksimalkan lagi dengan mensosialisasikan manfaat dan pentingnya asuransi.

Satu hal yang menciptakan masyarakat sedikit sulit memakai asuransi yaitu alasannya yaitu lebih menentukan investasi daripada asuransi. Investasi dinilai lebih memperlihatkan return yang tinggi, sedangkan asuransi sering dianggap hanya menghanguskan dana.

Karena iming-iming return yang tinggi itulah masyarakat lebih menentukan investasi, terlepas apakah pada jadinya investasi tersebut benar-benar memperlihatkan return atau tidak. Nah, merespon fenomena tersebut, para pemasar asuransi pun tidak kehabisan akal, maka lahirlah produk asuransi unit link yang ketika ini cukup sukses menarik perhatian masyarakat.

Lalu, apa sih bekerjsama asuransi unit link itu? Dan apa saja jenis-jenisnya? Oke, semoga enggak ingin tau pribadi saja, berikut ulasan perihal pengertian asuransi unit link dan jenis-jenisnya:

Sebelumnya, baca juga: Asuransi pendidikan.

 Saat ini asuransi menjadi gaya hidup masyarakat modern Pengertian dan Jenis-Jenis Asuransi Unit Link

Pengertian Asuransi Unit Link
Mudahnya, yang dimaksud dengan asuransi unit link yaitu asuransi yang mempunyai dua fungsi, yaitu fungsi perlindungan dan fungsi investasi. Makara logikanya, ketika kau membeli asuransi unit link, dana kau akan dipakai untuk dua hal yang bermanfaat, yaitu investasi dan perlindungan dalam satu produk. Biasanya investasi akan dilakukan pada instrumen reksadana, baik itu reksadana saham, pasar uang, campuran, atau yang lainnya.

Dengan begitu, asuransi unit link sanggup menarik minat masyarakat yang sebelumnya tertarik untuk investasi, alasannya yaitu dengan asuransi unit link mereka tetap sanggup berinvestasi dan sekaligus memperoleh perlindungan dari fungsi asuransinya, menarik bukan?

Tapi perlu diingat bahwa asuransi unit link terdapat unsur investasinya, menyerupai yang kau ketahui bahwa setiap investasi itu mempunyai risiko sehingga asuransi unit link pun mempunyai risiko layaknya pada investasi biasanya. Jadi, misalkan produk unit link diinvestasikan di saham dan ternyata saham tersebut mengalami penurunan, maka secara otomatis nilai investasi pada asuransi unit link juga akan menurun.

Selain problem risiko, sebelum membeli asuransi unit link kau juga harus memahami bahwa asuransi unit link ini mempunyai fungsi ganda, tidak menyerupai asuransi biasanya, sehingga premi asuransi unit link yang harus kau bayarkan juga akan lebih besar ketimbang asuransi biasa. Selain itu, nilai perlindungan dari asuransi unit link yang kau dapatkan akan lebih kecil dari asuransi biasa.


Jenis-Jenis Asuransi Unit Link
Asuransi unit link bisa dibedakan menurut macam-macam hal, setidaknya bisa dibedakan menurut pembayaran premi, penempatan dana, dan menurut tujuan investasi yang diinginkan.

Berdasarkan pembayaran premi:
Berdasarkan pembayaran preminya, asuransi unit link sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu premi tunggal dan premi berkala.

Unit link premi tunggal. Jenis ini yaitu jenis unit link yang mengharuskan si nasabah untuk membayar premi asuransi di awal, pembayaran premi ini hanya satu kali di awal saja, selanjutnya sudah tidak ada premi lagi. Jenis ini sangat cocok untuk nasabah yang mempunyai dana besar alasannya yaitu kalau ditotal premi asuransinya tentu cukup besar pula.

Unit link premi berkala. Nah kalau ini merupakan unit link yang pembayaran preminya bisa dilakukan secara bertahap, bisa dilakukan setiap bulan, triwulanan, atau setiap tahun. Kalau dana kau terbatas, maka asuransi unit link jenis ini sangat cocok buat kamu. Keuntungan membayar premi secara terencana yaitu ketika kau suatu waktu tidak bisa membayar preminya, maka kau sanggup mengajukan cuti premi, bahkan jikalau investasi dari unit link menghasilkan return yang tinggi maka kau tidak perlu membayar premi lagi alasannya yaitu pembayarannya sudah cukup dengan nilai investasi yang dihasilkan.

Berdasarkan penempatan dana:
Produk unit link menurut pempatan dananya sanggup dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu unit link pendapatan tetap, saham, pasar uang, campuran, dan yang terakhir yaitu unit link syariah.

Unit link pendapatan tetap. Jenis ini sangat cocok bagi yang menginginkan return investasi stabil alasannya yaitu penempatan dana setidaknya 80% dilakukan di obligasi yang bisa memperlihatkan bunga stabil setiap periode, dan 20% sisanya diletakkan di pasar uang yang risiko investasinya relatif kecil.

Unit link pasar uang. Jenis ini cocok diambil untuk pihak yang kurang berani dalam berinvestasi alasannya yaitu unit link jenis ini mempunyai risiko paling kecil dengan potensi return yang kecil pula. Dan dana dari jenis unit link ini akan ditempatkan seluruhnya di pasar uang.

Unit link saham. Kalau ini merupakan unit link yang dananya akan ditempatkan setidaknya 80% di instrumen saham. Kamu tahu sendiri di dunia saham ini sangat besar risikonya, dalam satu hari bisa kaya dan dalam 1 hari pula bisa jatuh miskin alasannya yaitu berubahan yang sangat cepat.

Unit link campuran. Jenis ini cocok jikalau kau tidak terlalu takut risiko namun juga tidak terlalu berani, penempatannya di banyak sekali instrumen menyerupai pasar uang, saham, obliasi, dan semacamnya. Jadi, ketika 1 instrumen investasi mengalami penurunan, bisa jadi instrumen lainnya malah mengalami peningkatan, hal ini alasannya yaitu intinya unit link adonan memecah risiko yang ada.

Unit link syariah. Nah kalau ini yaitu unit link dengan sistem syariah, menempatan dananya bisa dilakukan menyerupai 4 jenis unit link di atas, hanya saja tentu dilakukan dengan cara yang sesuai dengan fatwa islam. Jika kau muslim, jenis ini yang paling cocok buat kalian semua.

Berdasarkan tujuan:
Ini yaitu asuransi unit link yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kamu. Apapun tujuan kau bisa disesuaikan, misalkan kau ingin asuransi pendidikan, maka sanggup ditambah investasi yang pada jadinya menjadi asuransi unit link pendidikan. Bisa juga asuransi jiwa yang nanti menjadi asuransi jiwa unit link. Tentu masih banyak lagi asuransi dengan tujuan-tujuan kau yang lain, dan tidak ada salahnya jikalau ditambahkan fungsi investasi di dalamnya.

Selanjutnya: Pentingnya asuransi untuk bisnis kamu.
----
Oke, itulah ulasan perihal pengertian asuransi unit link dan jenis-jenisnya. Semoga pembahasan mengenai pengertian dan jenis-jenis asuransi unit link di atas bermanfaat untuk kalian semuanya. Salam sukses dan hingga jumpa lagi... jangan lupa share artikel ini ya, thanks.

0 Response to "Pengertian Dan Jenis-Jenis Asuransi Unit Link"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel