Cara Memulai Bisnis Laundry, Anda Tertarik ???

Peluang Usaha – Usaha bisnis laundry merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang jasa layanan cuci, baik itu basuh baju, celana, sprai, dan jasa layanan basuh lainnya. Usaha laundry kini tidak hanya dijalankan di kawasan perkotaan saja, di pelosok-pelosok desa pun kini bisnis laundry mulai banyak bertebaran. Hal ini tidak mengherankan alasannya ialah di jaman kini banyak masyarakat yang membutuhkan suatu kemudahan, salah satunya ialah fasilitas dalam mencuci pakaiannya. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan suatu fasilitas dalam mencuci pakaian, juga menyebabkan meningkatnya peluang perjuangan laundry.

Bisnis laundry sangat cocok di jalankan di kawasan yang masyarakatnya cenderung mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi, dan tidak hanya di perkotaan saja yang mempunyai masyarakat dengan kesibukan yang tinggi, namun masyarakat di pedesaan pun juga banyak yang mempunyai kesibukan yang tinggi, sehingga bisnis laundry juga cocok di jalankan di kawasan pedesaan. Hal ini terbukti, alasannya ialah pada kenyataannya juga banyak perjuangan laundry yang sudah di jalankan di kawasan pedesaan.

Peluang Usaha Laundry
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa bisnis laundry ini sanggup di jalankan di kawasan perkotaan maupun pedesaan, luasnya pangsa pasar inilah yang menyebabkan tingginya peluang perjuangan laundry ketika ini. Ambillah teladan di perkotaan, ada berapa orang di kota yang membutuhkan jasa ini? Tentulah banyak sekali, alasannya ialah suatu kesibukan yang padat dan melelahkan, masyarakat kota lebih cenderung menentukan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya, termasuk juga para mahasiswa, karyawan kantor, dan juga para pasangan gampang yang gres menikah. Belum lagi pihak hotel dan restoran, mereka juga sering menggunakan jasa laundry untuk mencuci perlengkapan mereka, mirip sprai, taplak, sarung bantal & guling, dan perlengkapan lainnya. Tentu ini menjadi peluang yang cukup besar, pasalnya walaupun pangsa pasar yang luas, namun belum terlalu banyak pelaku yang terjun di jasa basuh pakaian ini.

 Usaha bisnis laundry merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang jasa layanan basuh Peluang Usaha Laundry! Cara Memulai Bisnis Laundry

Selain alasannya ialah alasan-alasan tersebut, alasan lain yang menyebabkan perjuangan laundry ini banyak di lirik oleh banyak orang ialah alasannya ialah fasilitas dalam menjalankan operasi bisnisnya. Operasional perjuangan laundry terbilang tidak terlalu sulit, operasionalnya mirip halnya anda mencuci pakaian anda sendiri, gampang bukan?

Dari segi biaya, untuk memulai bisnis laundry dengan modal awal sebesar 8 juta pun sudah sanggup di jalankan, modal sebesar 8 juta tersebut sudah termasuk 2 mesin cuci, setrika, keranjang, alat jemur, bahan-bahan awal mirip pewangi, pelican, serta alat-alat lainnya yang di perlukan dalam bisnis laundry. Selanjutnya anda tinggal megeluarkan biaya operasional perbulannya, besaran jumlahnya tergantung dengan kapasitas bisnis laundry yang anda jalankan. Lihat perhitungan sederhana perjuangan laundry pada bab bawah artikel ini.

Cara Memulai Bisnis Laundry
Untuk memulai bisnis laundry, proses yang harus anda lakukan mirip halnya anda membuka perjuangan pada umumnya, beberapa langkah harus anda tempuh, berikut langkah-langkahnya:

1. Analisis Usaha
Sebelum anda melangkah lebih jauh, alangkah baiknya anda melaksanakan analisis perjuangan terlebih dahulu, analisis ini bertujuan untuk melihat apakah bisnis yang akan anda rintis pantas untuk di jalankan atau tidak. Hal pertama yang harus anda analisis ialah analisis kelayakan perjuangan dari segi biaya, ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan, yaitu biaya investasi, biaya modal kerja, dan juga prediksi kas masuk.

Kemudian analisis yang kedua ialah analisis dari segi pangsa pasar dan pesaing, walaupun pangsa pasar bisnis laundry terbilang luas, dan juga pesaing yang relative masih mudah, namun ada beberapa hal yang perlu anda pastikan untuk sanggup bersaing dalam menjalankan perjuangan anda. Yang pertama, anda harus melihat apakah masyarakat memungkinkan untuk menggunakan jasa anda? Ini penting untuk di lakukan alasannya ialah setiap kawasan mempunyai ciri khas masyarakat yang berbeda-beda. Yang kedua, jikalau di satu titik masyarakat tidak memungkinkan menggunakan jasa anda, apakah di titik lain memungkinkan? Yang ketiga, bagaimana dengan pesaing? Mungkinkah anda bersaing dengan mereka? Seberapa besar pangsa pasar pesaing? Sekiranya anda ingin bersaing dengan mereka, apa seni administrasi anda? Mungkinkah seni administrasi anda sanggup mengalahkan pesaing?


2. Mencari Modal
Setelah anda melaksanakan analisis di atas, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis laundry ialah dengan mencari modal, banyak pihak yang mengaku kesulitan mencari modal, alasannya ialah memang mencari modal membutuhkan kerja yang ekstra.

3. Menentukan Lokasi Usaha
Lokasi perjuangan yang baik dan strategis akan sanggup mendorong kesuksesan perjuangan anda, jadi pastikan bahwa lokasi yang nantinya akan anda jadikan tempat operasi bisnis laundry ialah tempat yang baik dan strategis. Bagaimana menentukan lokasi bisnis yang baik dan strategis? Salah satu kriteria tempat yang baik dan strategis ialah tempat yang gampang di jangkau oleh pelanggan, jalan masuk jalan mudah, tata letak yang baik, akrab dengan pangsa pasar, dan keterlihatan. Ini sangat penting alasannya ialah nantinya akan memperlihatkan kesan nyaman kepada pelanggan anda.

4. Memasarkan Produk
Langkah yang selanjutnya ialah dengan memasarkan produk anda, yaitu produk jasa pencucian. Memasarkan produk ini sangat penting, memasarkan sanggup di ibaratkan dengan perkenalan, jadi jikalau anda memasarkan produk sama halnya anda memperkenalkan produk. Ada banyak cara yang sanggup anda lakukan dalam memperkenalkan jasa anda.

Di atas ialah cara memulai bisnis laundry dari nol, sesungguhnya masih ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan waralaba. Biasanya dengan waralaba kita akan di asuh bagaimana mengelola perjuangan yang yang baik, termasuk juga pemasaran, belum lagi kita boleh menggunakan nama perusahaan sebagai nama perjuangan kita sehingga reputasi bisnis laundry anda sanggup terdongkrak seketika. Namun satu kelemahannya, biaya yang di keluarkan relative sedikit lebih tinggi.

Sedikit tips untuk anda, jikalau nantinya bisnis laundry anda sudah mulai sanggup beroperasi, tingkatkanlah kualitas layanan anda. Kualitas layanan merupakan suatu hal yang sensitive sekali. Makara nanti pastikan pelayanan anda sopan, murah senyum, dan tidak angkuh, juga pastikan bahwa pakaian yang anda basuh bersih, wangi, rapi, tidak rusak, tidak hilang. Khususnya untuk pewanginya, kadang-kadang orang-orang tidak ingin bacin dengan aroma yang “pasaran”, jadi usahakan cari pewangi dengan aroma yang unik “tidak pasaran” namun tetap maknyus aromanya.

Perhitungan Sederhana Usaha Bisnis Laundry
Asumsikan bahwa anda mempunyai perjuangan laundry dengan nama Happy Laundry, laundry anda dalam satu bulan beroperasi selama 26 hari (4 hari libur – perkiraan 1 bulan = 30 hari), anda mempunyai 2 orang karyawan, dan setiap hari Happy Laundry melayani 70 kg pakaian dengan harga per kg sebesar Rp. 5.000.
Pemasukan
Pendapatan jasa (70 x 5.000 x 26)9.100.000
Pengeluaran
Gaji karyawan (2 x 900.000)1.800.000
Sewa tempat1.000.000
Listrik, air dan telepon1.000.000
Pewangi, pelembut, detergen1.200.000
Pemasaran1.000.000
Lain-lain300.000
Total pengeluaran6.300.000
Laba2.800.000
Setiap bulan anda mendapat keuntungan sebesar Rp. 2.800.000, Jika saja modal awal anda ialah sebesar Rp. 10.000.000, maka payback period dari perjuangan laundry yang anda jalankan ialah selama 3.57 bulan – 4 bulan (10.000.000 : 2.800.000 = 3.57).
*Perhitungan di atas hanyalah simulasi.
----
Oke, di atas ialah sedikit ulasan seputar peluang perjuangan laundry dan juga cara memulai bisnis laundry. Semoga ulasan peluang perjuangan laundry dan cara memulai bisnis laundry di atas sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam upaya merintis perjuangan jasa pembersihan laundry. Semoga perjuangan dan bisnis anda sukses.

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Laundry, Anda Tertarik ???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel