Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum

sejumlah manfaat pohon asam jawa bagi lingkungan hidup baik sebagai peneduh ataupun keinda Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum
Asam jawa atau dalam bahasa ilimiahnya dikenal dengan nama Tamarindus indica L. merupakan salah satu tumbuhan daerah tropis dan masuk dalam jenis tumbuhan berbuah polong.

Tanaman asam jawa memang sangat baik pertumbuhannya didaerah yang mempunyai iklim tropis, Tanaman ini di perkirakan berasal dari wilayah afrika timur, penyebarannya hingga asia tropis, karibia dan amerika latin ( wikipedia. Org). Di indonesia sendiri, tumbuhan ini berkembang secara liar dihutan-hutan. Banyak pula sengaja ditanam untuk keperluan komoditi dan pohon peneduh.

Klasifikasi dan Ciri Umum

Klasifikasi Ilmiah :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliohyta
  • Klas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Upafamili : Caesalpiniodeae
  • Bangsa : Detarieae
  • Genus : Tamarindus
  • Spesies : T. indica
  • Nama Binomial : Tamarindus indica.  Sumber ( wikipedia. Org)

Nama lain :
Asem ( sunda), Acem (madura), asang jawa, asang jawi (sulawesi), asam ( malaysia), sampalok, kalamagi (tagalong), ma-kham (Thailand), magyee (burma), khoua me (kamboja), khaam (laos), tamarind (inggris), trai me ( Vietnam) dll.

Morfologi :
  1. Memiliki Batang pohon besar, ketinggian tumbuh sanggup mencapai 30 m, dengan diameter batang bab pangkal hingga 2 m. Kulit batang beralur-alur searah vertikal, warna batang coklat keabu-abuan, tekstur agresif dan memecah.
  2. Daun beragam menyirip, genap, tumbuh memanjang antara 5-13 cm, posisi daun berselang seling, daun penumpu mirip pita meruncing, anak daun lonjong menyempit dengan jumlah antara 8-16 pasang, ukuran sekitar 0,5-1 x 1-3,5 cm, tepi daun rata dengan bab pangkal miring dan membudar.
  3. Bunga tersusun dalam tandan renggang, tumbuh diantara ketiak daun dan ujung ranting, panjang bunga sekitar 16 cm.  kelopak bunga terdiri dari 4 buah dan daun mahkota 5 buah. Bunga beraroma harum, Mahkota bunga berwarna kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, tumbuh memanjang hingga 1,5 cm.
  4. Buah  polong menggelembung, bentuk buah hampir silindris, bengkok, ataupun lurus, Dalam buah terdapat biji hingga 10 butir. Seiring adanya penyempitan antara dua biji, kulit buah akan mengeras dan berubah warna kecoklatan / kelabu bersisik, dengan urat-urat buah buah mengeras dan liat mirip benang. Daging buah pada asem muda berwarna putih kehijauan dan akan berubah warna menjadi merah kecoklatan hingga kehitaman saat buah masak, rasanyapun berubah dari asem menjadi asem manis, biji buah menjelma coklat kehitaman, bentuk agak persegi dengan tekstur keras dan mengkilap.

Manfaat Asam Jawa Secara Umum

Dengan bentuk pohon yang tinggi, rindang, serta berakar kuat, tumbuhan asem jawa segaja

Ditanam untuk memperindah lingkungan dan pohon peneduh di jalan-jalan kota dan jalan raya. Pohon asam juga sanggup berperan sebagai materi penghijauan dan untuk menahan angin, sanggup juga dipakai untuk memperbaiki tempat yang gersang dan tandus ( Rukmana, 2005).

Batang pohon yang besar lengan berkuasa juga sanggup dimanfaatkan untuk dibentuk kayu sebagai materi bangunan. Dan tentu saja bab yang terpenting dari pohon ini ialah buahnya ,bisa dipakai sebagai materi rempah dapur dan juga kesehatan.

0 Response to "Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel